Komunitas Pecinta Puisi

Adakalanya kita perlu menangis agar kita tahu hidup ini bukan sekedar tertawa. Adakalanya kita perlu tertawa agar kita tahu betapa mahalnya nilai airmata

Unsur-unsur Intrinsik Cerpen


Tema cerita

Tema merupakan gagasan dasar umum yang menopang sebuah karya sastra 

Tema disaring dari motif- motif yang terdapat dalam karya yang bersangkutan yang menentukan hadirnya peristiwa-peristiwa, konflik, dan situasi tertentu. Tema dalam banyak hal bersifat ”mengikat” kehadiran atau ketidakhadiran peristiwa, konflik serta situasi tertentu termasuk berbagai unsur intrinsik yang lain. Tema menjadi dasar pengembangan seluruh cerita, maka tema pun bersifat menjiwai seluruh bagian cerita itu. Tema mempunyai generalisasi yang umum, lebih luas dan abstrak.

Alur Cerita

Sebuah cerpen menyajikan sebuah cerita kepada pembacanya. Alur cerita ialah peristiwa yang jalin-menjalin berdasar atas urutan atau hubungan tertentu. Sebuah rangkaian peristiwa dapat terjalin berdasar atas urutan waktu, urutan kejadian, atau hubungan sebab-akibat. Jalin-menjalinnya berbagai peristiwa, baik secara linear atau lurus maupun secara kausalitas, sehingga membentuk satu kesatuan yang utuh, padu, dan bulat dalam suatu prosa fiksi.

Plot ialah cerita yang berisi urutan kejadian, namun tiap kejadian itu hanya dihubungkan secara sebab-akibat, peristiwa yang disebabkan atau menyebabkan terjadinya peristiwa yang lain.Plot ialah peristiwa-peristiwa yang ditampilkan dalam cerita yang tidak bersifat sederhana, karena pengarang menyusun peristiwa-peristiwa itu berdasarkan kaitan sebab-akibat bahwa alur cerita ialah jalinan peristiwa yang melatari sebuah prosa fiksi yang dihubungkan secara sebab-akibat.

Penokohan

Dalam pembicaraan sebuah cerita pendek sering dipergunakan istilah-istilah seperti tokoh dan penokohan, watak dan perwatakan, atau karakter dan karakterisasi secara bergantian dengan menunjuk pengertian yang hampir sama. Tokoh cerita ialah orang-orang yang ditampilkan dalam suatu karya naratif, atau drama , yang oleh pembaca ditafsirkan memilki kualitas moral dan kecenderungan tertentu seperti yang diespresikan dalam ucapan dan apa yang dilakukan dalam tindakan. Sedangkan penokohan ialah pelukisan gambaran yang jelas tentang seseorang yang ditampilkan dalam sebuah cerita

Penokohan sekaligus mencakup masalah siapa tokoh cerita, bagaimana perwatakan, dan bagaimana penempatan dan pelukisannya dalam sebuah cerita sehingga sanggup memberikan gambaran yang jelas kepada pembaca. Penokohan sekaligus menunjuk pada teknik perwujudan dan pengembangan tokoh dalam sebuah cerita.

Latar

Sebuah cerita pada hakikatnya ialah peristiwa atau kejadian yang menimpa atau dilakukan oleh satu atau beberapa orang tokoh pada suatu waktu tertentu dan pada tempat tertentu. Latar ialah penempatan waktu dan tempat beserta lingkungannya dalam prosa fiksi

a. Latar Tempat

Latar tempat mengacu pada lokasi terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam sebuah karya fiksi. Unsur tempat yang dipergunakan mungkin berupa tempat-tempat dengan nama tertentu serta inisial tertentu.

b. Latar Waktu

Latar waktu berhubungan dengan masalah ” kapan ” terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan dalam sebuah karya fiksi. Masalah ”kapan” teersebut biasanya dihubungkan dengan waktu

c. Latar Sosial

Latar sosial mengacu pada hal-hal yang berhubungan dengan perilaku sosial masyarakat di suatu tempat yang diceritakan dalam karya fiksi. Tata cara kehidupan sosial masyarakat mencakup berbagai masalah dalam lingkup yang cukup kompleks serta dapat berupa kebiasaan hidup, adat istiadat, tradisi, keyakinan, pandangan hidup, cara berpikir dan bersikap. Selain itu latar sosial juga berhubungan dengan status sosial tokoh yang bersangkutan.

Sudut Pandang

Sudut pandang merupakan strategi, teknik, siasat, yang secara sengaja dipilih pengarang untuk mengemukakan gagasan dan ceritanya. Segala sesuatu yang dikemukakan dalam karya fiksi memang milik pengarang, pandangan hidup, dan tafsirannya terhadap kehidupan. Namun kesemuanya itu dalam karya fiksi disalurkan lewat sudut pandang tokoh, lewat kacamata tokoh cerita. Sudut pandang adalah cara memandang tokoh-tokoh cerita dengan menempatkan dirinya pada posisi tertentu.

63 thoughts on “Unsur-unsur Intrinsik Cerpen

  1. klo pelukisan gambaran yang jelas tentang seseorang yang ditampilkan dalam sebuah cerita disebut…

  2. trim’s Gan atas pembelajarannya.

  3. thank’s ya….

  4. boleh usul nggak? gimana kalo disusun daftar rata kiri. aku suka tulisan ini.

  5. lumayan baguzz

  6. unsur intrinsik’a satu lagi amanat Oke!!!!!!!

  7. Aku lupa ni,sudut pandang itu gimana ya?

  8. Simple, but catchy

  9. suasana termaksud latar juga kan ?

  10. baugsss

  11. Motor tenk bwak kayu .. Thank you

  12. Ssipp ah..

  13. Tolong kasih contoh dong gan…

  14. siNgkat Dan mudah di Mengerti .

    By: Shary She pesex

  15. siNgkat , mudah di Mengerti dan di Pahami . .

    i Like tHis

  16. Terima Kasih informasinya…

  17. thank’s you for informasi

  18. “makacih yha…”-‘

  19. lalu apa bedanya penokohan dengan perwatakan yah terimah kasih…

  20. Bagusssss jga :-D

  21. Nice informasi..lam kenal..sasindo Unair, mampir ya….

    http://serambisastraindonesia.blogspot.com

  22. lumayan MBantu

  23. Thank’ya;-)

  24. Ya…udahlah tau gak sih lah ya kan :-D..ha..ha..

  25. Askum..nice blog..
    Kalau mau mampir silahkan ke blog sederhana kami:

    http://modulgurucerdas.blogspot.com

  26. amanat itu apa ya?

  27. Terima kasih atas infonya

    tapi Gaya Bahasanya kok tidak ada,, apa gaya bahasa tidak termasuk unsur intrinsik?

  28. bagus bnget dahhh. .t

  29. Makasih gan atas infonya….

  30. hmph k0q kaga ada amanatx sich
    hmm tlng donk jelaskan macam2 sudut pandang yeah. . . . .

  31. apa hanya itu aja,,???

  32. singkat padat jelas gampang dimengerti juga haha makasih infonya yes! :D

  33. hmz,,,, lmyn tpi msh ada yg krg ea,,

  34. terima kasih atas jawabannya saya sekarang sugah bisa menyelesaikan tugas,tetepi ada yg kurang di akhirnya yaitu amanat

  35. Latar cerita sering juga di sebut

  36. kok udh buat cerpen
    trus buat unsur intrinsik nya gmna tu ?

  37. Tolong dilengkapi

  38. makasi yaaawwww..

  39. makasiii infox :)
    i like it

  40. Iyakah apalagi klu penulisannya….

  41. Amanatnya ke mna? Ktiggalan di jalan ya?

  42. Trims yha google , because kamu tlah mmbntu aq untk bsa mnylesaikan tgasqu dgn baik ,,,

  43. Terimakasihh Ini Bermanfaat Buat saya,Semoga sukses selalu deh Buat yg bikin blog ini

  44. latar waktu, dan tempat nya kurang jelas, mungkin memang engga ada ???
    bagus cerpen nya akan tetapi waktu dan tempatnya tidak tertera di isi cerpen :D

  45. Kurang 1 AMANAT belom tuh .. tapi bagus dan makasih sangat membantu :)

  46. sangat memudahkan

  47. Trima kasih……

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.761 pengikut lainnya.