Komunitas Pecinta Puisi

Adakalanya kita perlu menangis agar kita tahu hidup ini bukan sekedar tertawa. Adakalanya kita perlu tertawa agar kita tahu betapa mahalnya nilai airmata

Agar anak gemar membaca

7 Komentar

Cara pertama adalah mencari bentuk buku yang disukai seorang anak. 

Kedua, membiasakan anak membaca setiap hari.  Perlu diketahui, membaca adalah keterampilan. Semakin banyak anak berlatih membaca, maka keterampilan ini akan semakin terasah. 

Ketiga, adalah membuat anak terfokus pada pilihan kata tertentu. Maksud cara ketiga ini adalah, orangtua hendaknya bisa menghadirkan buku dengan pilihan kata yang sering dimunculkan. Misalnya, huruf yang ada dalam kata itu sendiri atau berupa padanan atau sinonim atau persamaan dari kata-kata yang disukai si anak.  Contohnya ‘dinosaurus’ dengan ‘thyranosaurus’ dan berbagai kata lainnya.

Keempat
, memperkaya penguasaan kata. Sebagai contoh cara ini dilakukan dengan menambahkan kata-kata baru yang mirip namun memiliki arti yang berbeda. Contohnya ‘tall’ dan ‘ball’.


Kelima
, mengajari anak untuk pengejaan kata-kata yang sulit dieja, misal Arnold Schwarzenegger.

• VIVAnews

Penulis: Rini Intama

Rini Intama Wrote several books of literature, novels, poetry. Writing a book child learning modules. How to explore and develop the potential of children. Profil penulis & pengarang perempuan Indonesia Komunitas Pecinta puisi https://riniintama.wordpress.com

7 thoughts on “Agar anak gemar membaca

  1. Tips yang bagus Mba, terkadang hal seperti ini dapat dimulai dari diri kita sendiri agar anak nantinya dapat mencontohnya dengan mengikuti prilaku kita sebagai orang tuanya.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

  2. Teh Rini Intama,saya keponakan bpk Dadang Sadkar,sekedar memberikan kabar bahwa beliau telah wafat di usianya yg ke 64 di garut,pada hari minggu tgl 29 oktober 2011 lalu.
    Semoga Teh Rini memaafkan segala kesalahan beliau yang disengaja baik tidak disengaja,juga mohon doa agar beliau ditempatkan ditempat yang tinggi dan paling baik.

    Wassallam

    akangremi@facebook, email: akangremi@gmail.com

  3. Lima cara yang sangat bagus. Makasih banyak ya, Mbak…. telah berbagi hal yang penting ini. Salam kreatif dan selamat terus berkarya.

  4. Kang Remi, Hatur nuhun atas beritanya … saya menitikkkan air mata “Innalilahi wainnailahirojiun”, telah berpulang sahabat, kakak dan guru saya yang baik Kang Dadang Sadkar, semoga beliau di terima di sisiNYA Amiiinnn

    Saya belum pernah berjumpa dg kang Dadang, tapi beliau banyak sekali memberi dorongan pada saya untuk terus semangat menulis, yang saya ingat adalah ketika pertama kali beliau menuliskan puisi saya di blognya yang bagus, Lalu beliau membaca salah satu buku saya Ruang jingga yang saya kirim padanya. Ternyata Tuhan lebih menyayangimu Kang Dadang, damailah engkau di sana.

  5. @Ejawantah’s blog, apa kabar ? senang sekali atas kunjungannya, wah wah blogmu makin kereeeenn sssttt … aku boleh belajar ya

    @Ahmad Muhaimin Azzet, ya sama-sama terima ksih jg atas kunjungannya, bukankah kita memang harus terus berbagi ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s