Komunitas Pecinta Puisi

Adakalanya kita perlu menangis agar kita tahu hidup ini bukan sekedar tertawa. Adakalanya kita perlu tertawa agar kita tahu betapa mahalnya nilai airmata

Novel : Siti Nurbaya karya Marah Rusli


SITI NURBAYA
Karya Marah Rusli
Roman Angkatan Balai Pustaka
Penerima hadiah tahunan pemerintahan RI tahun 1969
Siti Nurbaya adalah anak Baginda Sulaiman ,seorang saudagar kaya,sedangkan Samsul Bahri anak Penghulu Sutan Mahmud. Mereka sudah akrab sejak kecil karena sama-sama orang Padang yang tinggal beretangga. Setelah dewasa ,mereka saling jatuh cinta sehingga sama-sama sepi dan rndu ketika harus berpisah karena Samsul Bahri melanjutkan sekolah ke Jakarta.
Melihat keberhasilan Baginda Sulaiman,Datuk Maringgih merasa iri lalu menyuruh anak buahnya untuk menghancurkan harta kekayaan Baginda Sulaiman. Baginda Sulaiman jatuh miskin sehingga tak mampu membayar hutangnya kepada datuk Maringgih.
Datuk Maringgih mengancam akan memenjarakan baginda sulaiman kalau tak membayar hutang. Atau sebagai gantinyaharus menyerahkan siti Nurbaya untuk diperistri. Demi keselamatan orang tuanya,Siti Nurbaya mau menjadi istri Datuk Maringgih. Hal ini diberitahukan kepada samsul Bahri sehingga ia pun sangat marah kepada Datuk Maringgih.
Pada suatu liburan ,Samsul Bahri pulang dan menemui Siti Nurbaya. Pertemuan ini diketahui oleh Datuk Maringgih sehingga menimbulkan keributan yang menyebabkan Baginda Sulaiman yang sedang sakit,jatuh dan meninggal. Siti Nurbaya diusir lalu tinggal di rumah bibinya. Samsul bahri juga diusir oleh ayahnya karena dianggap tidak senonoh. Samsul Bahri lari ke Jakarta.
Siti nurbaya henak menyusul kekasihnya dengan naik kapal. Hal ini diketahui oleh Datuk Maringgih,maka ia pun menyuruh anak buahnya untuk membunuh Siyi Nurbaya. Usaha ini gagal. Datuk Maringgih mengirim fitnah ke pelabuhan mengatakan bahwa siti Nurbaya mencuri,sehingga Siti Nurbaya ditangkap dan dipulangkan untuk diadili. Siti Nurbaya dinyatakan tidak bersalah,ia bebas. Datuk Maringgih tidak puas. Ia menyuruh seseorang untuk menjual lemang beracun kepada Siti Nurbaya. Siti Nurbaya meninggal karena lemang beracun itu. Bibinya sangat sedih dan meninggal.
Di Jakarta Samsul Bahri frustasi dan mencoba bunuh diri namun tak berhasil. Sepuluh tahun kemudian ia masuk tentara Belanda untuk mencari kematian dan namanya ia ganti mejadi Letnan Mas.
Letnan Mas dikirim ke Padang untuk menumpas pemberontakan anti pajak yang dipimpin Datuk Maringgih. Letnan Mas berhasil membunuh Datuk Maringgih,namun Datuk Maringgih sempat menebas pedangnya ke kepala Letnan Mas. Letnan Mas dirawat di rumah sakit. Sebelum meninggal,kepada Sutan Mahmud ia sempat minta maaf dan minta dikuburkan di samping Siti Nurbaya. Atas kematian Letnan Mas,yang tidak lain adalah anaknya,Samsul Bahri,Sutan Mahmud sangat menderita sampai akhirnya meninggal. Kono di Bukit Padang terdapat kuburan mereka berderet,Baginda Sulaiman,Siti Nurbaya,Samsul Bahri,Sutan Mahmud.

132 thoughts on “Novel : Siti Nurbaya karya Marah Rusli

  1. Marah rusli keren banget dg siti nurbayanya

  2. bagus banget ceritanya

  3. Ping-balik: Ruang Sastra « Inez

  4. saya menyukai nya sangat bagus good .

  5. Begitu menyentuh,, Good

  6. mantap banget nih (y)

  7. Cerita x begitu menyentuh….

  8. sedih and bagus bnget ceritanya…..

  9. Ceritanya ok bgtz…

  10. Baguz bgt and brmanfaat

  11. terbit kan lagi donk novel ya sy pengen tau ceritanya and kalo bisa di film kan ya pak produser.ceritanya seru abizz….

  12. Gue juga suka ceritanya

  13. Aye sangat sedih dengerin kisah dua sijoli

  14. Kren crita@….

  15. keren abis cerita siti nurbaya:)

  16. sangat mengharukan …😛

  17. critanya mnarik , tu pasti kasih yangk tak sampai

  18. Good good

  19. bagus buanget bro

  20. crita nya menyentuh bgettz tch,by rimawati dari sma sambas

  21. kreen bgetz

  22. bagus thanks ya,udah bantuin kami buat pr b.indo:)

  23. Mengejar cinta sampe aherat

  24. bguszt ceritane apek tenan tpi aq durunk moco novle kanthi rampunk

  25. ~ Wow I SKA TU ~

  26. Smoga ckup sitinurbaya yg mngalami,, jgn ada lg siti yg lain.

  27. Ceritanya bosan

  28. Wahcccc,,, koq singkt banget

  29. Wacc,,,,, siti nurbaya kisah cintax tragis buanget

  30. Cerita ya sangat enak di baca,tetapi cerita itu di potong-potong.

    Saya senang sekali membacaya)……………¤_¤

  31. Ceritra nya sangat menyedih kan…Menarik dibaca

  32. crita.a ok bngt bza d jdikan tugas bind0 ,,
    thankz 😉

  33. Thanks

  34. Apakah siti nurbaya meniggal

  35. Cukup siti nurbaya yang mengalami pahitnya dunia …???

  36. wew…😛 keren buangeeeet😀

  37. wah,…
    aq suka bngt ,krna crta ny bgs
    dan menynth hti

    (^_^)

  38. cakep yah novel nyah

  39. Apik sentosa

  40. Siip. . .

  41. Intan@ bagus bgt ceritanya..
    ”Demi org2 yang dicintainya seorag wanita bersdia mengorbankan apa sja ,eskipun ia tau pngorbnan nya dpt merugkan drinya,.. Lbih lbih pngrbnan trsbt demi org tuanyaa”

  42. Demi org yg dicntainyam sti nurbaya mampu mngrbankan apa sja ,skipun ia tau bhwa mrugkan dri nya, lebh2 pngrbnan nya untuk org tua nya…

  43. Trimakasih pk, atas novel’y baguueeesss bngt…. Top

    anwar amp annur

  44. Sangat menarik bangat cerita x, berkesan bangatz,,

  45. nuwawor ancne datik maringgih ku yach…..

  46. cerita nya singkat bangget

  47. Sedih amat

  48. Ceritanya ter lalu singkat

  49. Wawww .. baguss banget ceritanya ..

  50. Sedih juga. Meminjam cuma 3000 RP

  51. wow..w…w…w…novelnya sangat panjang, mau gha jadi teman saya. makasih

  52. Cerita nya sungguh menyenangkan:)

  53. Keren Crita x q Ska Bngett?!!!

  54. tapek bana sanak..

  55. ceritany menarik

  56. Bagus bgt,,bisa bantu buat tugas sEni budaya ,, makasih ea om,,

    Tapi jujur ea, gwa msih bngung gimana bikin dramanya ea ,,???

  57. Brpa bulan ych,bkin novel ky gtu..??

  58. memang enak mau ny lengkap

  59. Hm.. Begitu ceritanya too???

  60. saya salah satu penggemar novel
    tp novel ini…
    yg paling saya suka….

  61. ummmm gtu critaya ……sedihh

  62. bikin cerita lg yg enak ya . . . yg sedih2.

  63. wow,,,!!! MARAH RUSLI adalah seniman yang terhebat,,,I LIKE YOU,,,;)

  64. katanya,,ada,suami,keduanya,siti nurbaya???
    Siapa,,,ya???

  65. critanya bgus bnget,kalau bisa di flm kan critanya

    by helda susilo putri

  66. Ceritanya bagusss

  67. Bgusss Crita X

  68. Aku M0hon Kpada Yang Membuat N0vel ,bikin N0vel Yang Bru Donk

  69. Aku M0hon Kpada Yang Membuat N0vel ,bikin N0vel Yang Bru Donk Dan Ceritanya Bikin Nyentuh Hate Abi Teh Aa Aya Tgas Bhasa Indo

  70. critanya kurng memuaskan….
    trlalu pendek jdi ngx puas bcanya….

  71. O laitan mas cintamu hanya satu sampai mati.mana ada jaman sekarang cowo kaya gt

  72. bagus ya ceritanya

  73. bgs bgt ceritanya.it’t it amazing

  74. Sangat menyedihkan

  75. Teman apa

  76. dari cerita ini mengingatkan bahwa cita itu tak bisa memaksa

  77. TERIMAKASIH NOPELNYA SANGAN BAGUS DAN NOPEL BUAT TUGAS INDONESIA

  78. kalau bisa di tayangkan lagi film siti nurbaya

  79. Saya sangat menyukai kisah2nya tapi kata2nya masih ada yang kurang disini

  80. Saya suka jalan ceritanya tapi kebanyakan huruf yang kurang

  81. Lumayan….

  82. Baguz banget

  83. Cerita ny tidak hapus krn jaman.
    Masih menjadi idola.

  84. Ceritanya sangat menarik

  85. Baru tau legendanya sudah sering dengar ceritanya tapi belum tau alur nya makanya langsung serch di google

  86. good dehc buat novel nya keren banget

  87. Novel ini sudah merupakan karya sastra, kalau di Inggris salah satu novel sastra mereka adalah Pride and Prejudice, novel ini menjadi salah satu bacaan wajib para pelajar yang ambil jurusan sastra,

  88. Novel yang sangat bagus dengan alur cerita yang menarik kalau bisa putar lagi donk filmnya yang pernah tayang di TVRI sekitar tahun 90an,

  89. novel yang bagus dengan alur cerita menarik ,putar lagi donk filmnya yang dulu pernah tayang di TVRI tahun 90an

  90. Boleh diangkat lgi dlm perfilm versi baru. Soalnya ceriteranya asikk banget!!

  91. Aku kalo pgn punya buku ini gmna ya caranya?? Bisa bantu ga??

  92. sangat menyedihkan ceritanya

  93. Saya senang sekali membaca novel siti nurbaya

  94. Ceritanya menarik tapi ada yang salah saat penulisa siti di ubah sity

  95. ceritanya sangat bagus dan sangat memuaskan

  96. Yah jdi sedih baca novel tentang siti nurbaya emb sedih bgtzzz like bgt dechh sma dya kagum heeem ;(

  97. sedih juga baca cerita tadi😢

  98. good,good,dan good

  99. cerita nya sangat menarik

  100. Suka! ksh yng mengharukan psangan ini

  101. Cerita’y bisa lebih panjang lgi gx??

  102. Woaw, critanya sngat mnarik. Bgus skali, andai saja di jdikan dlm bntuk film. Psti lbih bgus, pkoknya mntap deh.

  103. Kerennnnn

    Pas bngt sama tugas saya

  104. Sipp , bgus crta nya😉

  105. sifat-sifat dari novel di atas donk

  106. Bagus juga ceritanya

  107. Itu l arti dari sebuah hubungan yg indah diawali persahabatan diahiri kematian

  108. Bagus aku di suruh nyari cerita roman siti nurbaya akhirnya selesai juga terima kasih.

  109. Qx sangat suka dengan cerita ini

  110. Keren Banget Novel Siti Nurbay Saya Kasih 4 Jempol

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 5.796 pengikut lainnya