Komunitas Pecinta Puisi

Adakalanya kita perlu menangis agar kita tahu hidup ini bukan sekedar tertawa. Adakalanya kita perlu tertawa agar kita tahu betapa mahalnya nilai airmata

Novel : Siti Nurbaya karya Marah Rusli


SITI NURBAYA
Karya Marah Rusli
Roman Angkatan Balai Pustaka
Penerima hadiah tahunan pemerintahan RI tahun 1969
Siti Nurbaya adalah anak Baginda Sulaiman ,seorang saudagar kaya,sedangkan Samsul Bahri anak Penghulu Sutan Mahmud. Mereka sudah akrab sejak kecil karena sama-sama orang Padang yang tinggal beretangga. Setelah dewasa ,mereka saling jatuh cinta sehingga sama-sama sepi dan rndu ketika harus berpisah karena Samsul Bahri melanjutkan sekolah ke Jakarta.
Melihat keberhasilan Baginda Sulaiman,Datuk Maringgih merasa iri lalu menyuruh anak buahnya untuk menghancurkan harta kekayaan Baginda Sulaiman. Baginda Sulaiman jatuh miskin sehingga tak mampu membayar hutangnya kepada datuk Maringgih.
Datuk Maringgih mengancam akan memenjarakan baginda sulaiman kalau tak membayar hutang. Atau sebagai gantinyaharus menyerahkan siti Nurbaya untuk diperistri. Demi keselamatan orang tuanya,Siti Nurbaya mau menjadi istri Datuk Maringgih. Hal ini diberitahukan kepada samsul Bahri sehingga ia pun sangat marah kepada Datuk Maringgih.
Pada suatu liburan ,Samsul Bahri pulang dan menemui Siti Nurbaya. Pertemuan ini diketahui oleh Datuk Maringgih sehingga menimbulkan keributan yang menyebabkan Baginda Sulaiman yang sedang sakit,jatuh dan meninggal. Siti Nurbaya diusir lalu tinggal di rumah bibinya. Samsul bahri juga diusir oleh ayahnya karena dianggap tidak senonoh. Samsul Bahri lari ke Jakarta.
Siti nurbaya henak menyusul kekasihnya dengan naik kapal. Hal ini diketahui oleh Datuk Maringgih,maka ia pun menyuruh anak buahnya untuk membunuh Siyi Nurbaya. Usaha ini gagal. Datuk Maringgih mengirim fitnah ke pelabuhan mengatakan bahwa siti Nurbaya mencuri,sehingga Siti Nurbaya ditangkap dan dipulangkan untuk diadili. Siti Nurbaya dinyatakan tidak bersalah,ia bebas. Datuk Maringgih tidak puas. Ia menyuruh seseorang untuk menjual lemang beracun kepada Siti Nurbaya. Siti Nurbaya meninggal karena lemang beracun itu. Bibinya sangat sedih dan meninggal.
Di Jakarta Samsul Bahri frustasi dan mencoba bunuh diri namun tak berhasil. Sepuluh tahun kemudian ia masuk tentara Belanda untuk mencari kematian dan namanya ia ganti mejadi Letnan Mas.
Letnan Mas dikirim ke Padang untuk menumpas pemberontakan anti pajak yang dipimpin Datuk Maringgih. Letnan Mas berhasil membunuh Datuk Maringgih,namun Datuk Maringgih sempat menebas pedangnya ke kepala Letnan Mas. Letnan Mas dirawat di rumah sakit. Sebelum meninggal,kepada Sutan Mahmud ia sempat minta maaf dan minta dikuburkan di samping Siti Nurbaya. Atas kematian Letnan Mas,yang tidak lain adalah anaknya,Samsul Bahri,Sutan Mahmud sangat menderita sampai akhirnya meninggal. Kono di Bukit Padang terdapat kuburan mereka berderet,Baginda Sulaiman,Siti Nurbaya,Samsul Bahri,Sutan Mahmud.

73 thoughts on “Novel : Siti Nurbaya karya Marah Rusli

  1. Marah rusli keren banget dg siti nurbayanya

  2. bagus banget ceritanya

  3. Ping-balik: Ruang Sastra « Inez

  4. saya menyukai nya sangat bagus good .

  5. Begitu menyentuh,, Good

  6. mantap banget nih (y)

  7. Cerita x begitu menyentuh….

  8. sedih and bagus bnget ceritanya…..

  9. Ceritanya ok bgtz…

  10. Baguz bgt and brmanfaat

  11. terbit kan lagi donk novel ya sy pengen tau ceritanya and kalo bisa di film kan ya pak produser.ceritanya seru abizz….

  12. Gue juga suka ceritanya

  13. Aye sangat sedih dengerin kisah dua sijoli

  14. Kren crita@….

  15. keren abis cerita siti nurbaya :)

  16. sangat mengharukan … :P

  17. critanya mnarik , tu pasti kasih yangk tak sampai

  18. Good good

  19. crita nya menyentuh bgettz tch,by rimawati dari sma sambas

  20. kreen bgetz

  21. bagus thanks ya,udah bantuin kami buat pr b.indo :)

  22. Mengejar cinta sampe aherat

  23. bguszt ceritane apek tenan tpi aq durunk moco novle kanthi rampunk

  24. ~ Wow I SKA TU ~

  25. Smoga ckup sitinurbaya yg mngalami,, jgn ada lg siti yg lain.

  26. Ceritanya bosan

  27. Wahcccc,,, koq singkt banget

  28. Wacc,,,,, siti nurbaya kisah cintax tragis buanget

  29. Cerita ya sangat enak di baca,tetapi cerita itu di potong-potong.

    Saya senang sekali membacaya)……………¤_¤

  30. Ceritra nya sangat menyedih kan…Menarik dibaca

  31. crita.a ok bngt bza d jdikan tugas bind0 ,,
    thankz ;)

  32. Thanks

  33. Apakah siti nurbaya meniggal

  34. Cukup siti nurbaya yang mengalami pahitnya dunia …???

  35. wew… :P keren buangeeeet :D

  36. wah,…
    aq suka bngt ,krna crta ny bgs
    dan menynth hti

    (^_^)

  37. cakep yah novel nyah

  38. Apik sentosa

  39. Siip. . .

  40. Intan@ bagus bgt ceritanya..
    ”Demi org2 yang dicintainya seorag wanita bersdia mengorbankan apa sja ,eskipun ia tau pngorbnan nya dpt merugkan drinya,.. Lbih lbih pngrbnan trsbt demi org tuanyaa”

  41. Demi org yg dicntainyam sti nurbaya mampu mngrbankan apa sja ,skipun ia tau bhwa mrugkan dri nya, lebh2 pngrbnan nya untuk org tua nya…

  42. Trimakasih pk, atas novel’y baguueeesss bngt…. Top

    anwar amp annur

  43. Sangat menarik bangat cerita x, berkesan bangatz,,

  44. nuwawor ancne datik maringgih ku yach…..

  45. cerita nya singkat bangget

  46. Sedih amat

  47. Ceritanya ter lalu singkat

  48. Wawww .. baguss banget ceritanya ..

  49. Sedih juga. Meminjam cuma 3000 RP

  50. wow..w…w…w…novelnya sangat panjang, mau gha jadi teman saya. makasih

  51. Cerita nya sungguh menyenangkan :)

  52. Keren Crita x q Ska Bngett?!!!

  53. tapek bana sanak..

  54. ceritany menarik

  55. Bagus bgt,,bisa bantu buat tugas sEni budaya ,, makasih ea om,,

    Tapi jujur ea, gwa msih bngung gimana bikin dramanya ea ,,???

  56. Brpa bulan ych,bkin novel ky gtu..??

  57. memang enak mau ny lengkap

  58. Hm.. Begitu ceritanya too???

  59. saya salah satu penggemar novel
    tp novel ini…
    yg paling saya suka….

  60. ummmm gtu critaya ……sedihh

  61. bikin cerita lg yg enak ya . . . yg sedih2.

  62. wow,,,!!! MARAH RUSLI adalah seniman yang terhebat,,,I LIKE YOU,,,;)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.752 pengikut lainnya.